Sabtu, 01 Januari 2011

MANFAAT KOMPUTER DIBIDANG PENDIDIKAN

Komputer adalah perangkat teknologi untuk mempermudah manusia mengakses informasi dari berbagai disiplin ilmu diseluruh penjuru dunia. Manfaat komputer dibidang pendidikan sangat terasa bagi pendidik untuk menyajikan pengajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswinya.
Begitu pula manfaat komputer dibidang pendidikan bagi siswa yang ingin memahami materi lebih dalam dari sebuah bidang studi. Berbagai software (program) yang berkaitan dengan pelajaran telah diluncurkan baik berupa permainan, simulasi atau latihan soal yang bisa diakses melalui komputer.
Buku Elektronik Sekolah
Salah satu manfaat komputer di bidang pendidikan adalah kemudahan untuk mengakses buku pelajaran secara gratis melalui komputer. Dengan kehadiran buku elektronik sekolah, siswa dapat belajar lebih dari satu buku dengan biaya terjangkau bahkan gratis.
Kehadiran buku elektronik sekolah memang menguntungkan bagi siswa yang memiliki komputer di rumahnya. Namun, bagi sekolah yang siswanya terdiri dari kalangan menengah ke bawah pun, sudah sepatutnya menyediakan sarana komputer ini. Dengan demikian, siswa akan terbiasa belajar mandiri jika diberi keleluasaan untuk mengakses ilmu pengetahuan melalui komputer di sekolahnya.
Anda dapat mengunduh materi buku elektronik sekolah melalui internet tanpa perlu membayar. Ada pula pihak yang sengaja mengumpulkan buku elektronik sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA, dalam bentuk keping DVD disertai software pendukungnya seperti Acrobat Reader. Kumpulan dalam 2 keping DVD tersebut dihargai 30 – 50 ribu rupiah.
Microsoft Encarta
Program pendukung pelajaran yang menambah nilai manfaat komputer di bidang pendidikan adalah Microsoft Encarta. Anda tinggal menginstall program tersebut ke dalam komputer dan Anda dapat mengakses informasi dan ilmu pengetahuan seperti memiliki internet. Didalamnya terdapat artikel, games, video dan simulasi mengenai mata pelajaran matematika, sains, sejarah, geografi, seni dan lain sebagainya. Ada pula kamus terjemahan berbagai bahasa nasional di dunia seperti bahasa Inggris, Perancis, dan lain sebagainya. Sayangnya, bahasa pengantar yang digunakan dalam Microsoft Encarta adalah bahasa Inggris. Meskipun demikian, kosa kata yang digunakan adalah kosa kata sederhana dan umum sehingga mudah dipahami.
Presentasi dengan Microsoft Power Point
Untuk siswa SMA, Microsoft Power Point adalah program komputer yang mudah digunakan untuk presentasi. Tidak perlu repot-repot menggambar organ tubuh atau peta di atas karton, cukup dengan mengunduh gambar dari internet atau memindai dari buku pelajaran, siswa dapat menerapkannya dalam Microsoft Power Point. Kelebihan dari program komputer ini, presentasi dapat disajikan secara animasi ditambah efek suara sehingga belajar menjadi tidak membosankan.
Software Pendidikan dan Permainan
Jika Anda berkunjung ke toko buku, banyak pelajaran interaktif yang ditawarkan dalam bentuk VCD atau DVD. Didalamnya terdapat penjelasan tentang materi tertentu seperti bagaimana cara biji berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman baru. Ada pula soal tanya jawab interaktif yang dapat membantu buah hati Anda memahami pelajaran.
Manfaat komputer di bidang pendidikan semakin terasa dengan hadirnya DVD pengetahuan seperti karya Harun Yahya, National Geographic dan BBC News. Semuanya dapat Anda peroleh di toko buku.
Tak bisa dipungkiri, dunia pendidikan sekarang sangat membutuhkan komputer, baik komputer desktop maupun jinjing (laptop). Bila dicermati, ada beberapa manfaat komputer di bidang pendidikan sebagai berikut :
Komputer sebagai Sarana Utama untuk Mengetik
Sebagai pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan sebagainya yang berkecimpung di dunia pendidikan pasti membutuhkan komputer (desktop/laptop) guna mengetik naskah. Baik itu naskah seperti makalah, karya tulis ilmiah, skripsi, dan sebagainya juga untuk mencatat setiap materi yang diberikan pengajar. Saya rasa kita perlu gebrakan baru di bidang belajar-mengajar, yakni pelajar/mahasiswa tidak lagi menulis materi di buku catatan, tapi mengetik langsung di komputer (laptop). Bagaimana dengan yang tidak punya laptop? Itu dia masalahnya. Maka tunda dulu sampai pemerintah mau memberikan laptop secara gratis kepada semua pelajar/mahasiswa. Ingat, ini baru manfaat komputer di bidang pendidikan yang pertama.
Komputer sebagai Teman Baru Dosen atau Guru
Dalam menjelaskan materi, manfaat komputer di bidang pendidikan kembali berperan. Kali ini sebagai temannya dosen/guru. Nah, di beberapa perguruan tinggi dan sekolah menengah atas (SMA), dosen dan guru mengajarkan mahasiswa dan muridnya dengan memanfaatkan komputer. Dibantu infocus (proyektor), maka pengajar cukup menjelaskan materinya lewat layar tancap atau slide yang dipantulkan ke dinding ruang belajar, misalnya. Begitu pula sebaliknya, pelajar dan mahasiswa mempresentasikan/ membahas makalahnya dengan menggunakan bantuan proyektor. Sistem belajar-mengajar seperti ini disebut dengan sistem Informations and Communications Technology (ICT). Dengan cara ini, selain bisa dikatakan sebagai salah satu manfaat komputer di bidang pendidikan, juga sebagai sarana meningkatkan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi bagi pelajar dan mahasiswa bahkan pengajar itu sendiri. Dan kedengarannya, ini manfaat komputer di bidang pendidikan yang harus selalu diterapkan.

Komputer sebagai Penunjang Belajar-Mengajar di Internet
Ada sebagian pengajar yang memanfaatkan komputer di bidang pendidikan untuk belajar jarak jauh dengan anak asuhnya. Misal, ketika dosen tiga kali beruntun tidak masuk untuk mengajar, maka ia menggantikannya dengan belajar di luar kampus dengan perantaraan internet. Belajar seperti ini disebut Internet Classroom Assistant (ICA). Caranya, dosen memberikan instruksi kepada mahasiswanya cara menggunakan ICA ini. Ketika sudah paham, mereka menentukan jadwal belajar. Misal, setiap Senin antara jam 10-11 pagi, mahasiswa dengan dosen yang bersangkutan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Mereka bisa saja memanfaatkan warnet, flash modem, atau hp untuk online. Nah, dalam jangka satu jam itu, mahasiswa dan dosen saling berdiskusi setelah dosen memberikan materi yang akan dibahas sebelumnya. Maka mereka bisa belajar sambil ngopi, golek-golek di kasur, jalan-jalan, dan sebagainya.
Komputer sebagai Sarana Paling Utama dalam Dunia Tulis-Menulis
Kegiatan tulis-menulis merupakan bagian dari pendidikan, baik ilmu jurnalistik, sastra, dan lain-lain. Maka seorang penulis tak bisa terlepas dari komputer. Apalagi jika sudah jadi pekerja media massa atau penulis tetap di suatu lembaga, maka komputer sangat dibutuhkan. Kalangan pelajar dan mahasiswa pun butuh juga komputer untuk meningkatkan kreativitas mereka di dunia tulis-menulis. Mereka bisa mengetik naskah tulisan fiksi maupun nonfiksi. Karenanya, ini termasuk juga manfaat komputer di bidang pendidikan.
Manfaat komputer di bidang pendidikan pada dasarnya bukan hanya hal di atas, tapi ada banyak manfaat lainnya. Namun, bila diurutkan berdasrkan manfaat komputer di bidang pendidikan yang paling utama adalah hal-hal di atas. Maka manfaatkan komputer di bidang pendidikan dengan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar: