Minggu, 31 Agustus 2014

BERAPA LAMA TES NARKOBA ITU BISA DIKETAHUI HASILNYA??

Seperti yang agan semua tau kasus yang sedang heboh belakangan ini, yaap! kasus suap mahkamah konstitusi yang melibatkan akil mokhtar sebagia tersangka.
Pada saat penggrebekan ditemukan ganja, obat kuat dan narkoba lainnya, dan BNN sudah melakukan Tes urine kepada tersangka AM, yang menyatakan hasilnya tersangka AM negatif menggunakan narkoba dengan melakukan tes urine dan rambut,
Nah disini pasti ada yang penasan tentang masalah berapa lama tes urine bisa diketahui hasilnya, bagai mana metode pengujian dan cara beserta berapa lama hasilnya keluar, berikut ini ane sajikan secara ringkas metode dan pengujiannya :

Di bawah ini ane coba jelaskan golongan2 nakoba serta waktu terdeteksinya dalam urin. Semoga bermanfaat…!

I. Stimulan
1. Amphetamine;
Nama lain: Amphet, whizz, billywhizz, peppilis.
2. Methamphetamine & MDMA;
Nama lain : Ice, crystal, inex, I, Ecstacy, kancing, shabu-shabu, speed.
Nama farmsi untuk 1 dan 2 : Dexedrine, benzedrine, desoxyne, methedrine
3. Cocaine;
Nama lain: Coke, rock, krack.
Nama farmasi : cocaine
Terdeteksi dalam urin 1 – 3 hari setelah pemakaian.

II. Halusinogen
1. THC (Tetra Hydro Cannabinol);
Nama lain : Ganja, cannabis, gele, marijuana, hash, cimeng, kangkung, oyen, ikat, bang, labang, rumput, grass, dope, weed, hemp, Colombian, sinsemilia, barang.
Nama farmasi : Marinol
Terdeteksi dalam urin tergantung pemakaian :
- 1 – 2 kali pakai, terdeteksi dlm urin 1 – 2 hari
- Perokok : 1 – 5 hari
- Perokok moderate (94 kali/mgg): s/d 5 hari.
- Perokok berat: s/d 10 hari
- Pengguna kronis : 14 – 18 hari

III. Analgesik – narkotik
1. Morphine / opiate;
Nama lain : Smack, tar, tiger, opium, heroin, putauw (heroin kelas 5 / 6), putih, bedak,PT, white, etep.
Nama farmasi: Heroine, morphine, codaine, oxycodone, dilaudid, percodan, paracodin, lorphan, vicodin.
Terdeteksi dalam urin 2 hari setelah pemakaian.

IV. Depresan, sedative, hipnotik
1. Benzodiazepine;
Nama lain : Bennies, rhophies (rohypnol)
Nama farmasi : Amytal, butisol, Nembutal, luminal, seconal, Phenobarbital, tuinal, florinal, neodorm, immenoctal, stadodorm.
Terdeteksi dalam urin 3 hari (dosis terapi), 4 – 6 minggu pada pengguna kronis / over dosis.
2. Barbiturate;
Nama lain : Barbs, tranqs, drowners
Nama farmasi : Avitan, halcyon, Librium, novopoxine, remestan, restoril, rohypnol, tranxene, valium, vivol, xanax.
Terdeteksi dalam urin 1 – 2 hari (pengguna sesaat), 2 – 3 minggu (pengguna kronis).

(Dari berbagai sumber pustaka)

Catatan : Pemeriksaan diatas adalah untuk tes narkoba menggunakan strip / carik celup. Hanya digunakan dalam tes skrining (penapisan). Tes konfirmasi menggunakan metode yang lebih baik seperti kromatografi dll yang tentunya dapat mendeteksi narkoba dalam urin yang lebih lama.

METODE TES URINE

1. Rapid Test Urine

Alat deteksi yang sudah dikenal luas tentunya memeriksa urine dengan test khusus dikenal juga sebagai “Rapid test”, caranya simpel yaitu dengan meneteskan urine ke alat test atau alat test di celupkan ke urine suspect. Cara menggunakan dan interpretasinya sangat mudah, bahkan bisa dikerjakan oleh orang awam sekalipun untuk lingkungan sendiri.

2. Rapid Test saliva & sweat

Alat Test lain, berupa “rapid test” juga, tetapi menggunakan bahan uji berupa air ludah (saliva) dan keringat (sweat). Alat test ini di pakai luas di Eropa , Amerika serta Australia, terutama untuk “razia” lapangan. Cara penggunaannya juga sederhana, dimana si “suspect” disuruh membuka mulut lalu bagian “pads” alat diusapkan 3 kali ke bagian pipi dalam, lalu dianalisis 3 menit dan ketahuan hasilnya. Test menggunakan saliva dan keringat ini bisa di baca secara visual (merk Securetec, Germany) atau di baca menggunakan “reader” khusus (merk Draeger, Germany).

Harga test ini lebih mahal 10 kali di banding test urine biasa, karena teknologinya juga lebih tinggi dan lebih akurat. Mengingat di negara-negara maju penghormatan terhadap Hak Azasi Manusia (HAM) begitu tingginya, maka di anggap melanggar HAM jika seorang “suspect” di suruh “kencing” hanya untuk mengambil urinenya, makanya di kembangkan “sampler” berupa saliva dan keringat. Disamping itu karena si “suspect” di test di depan pemeriksa, maka tidak bisa menukar sampel (bahan ujinya) dengan punya orang lain, sementara untuk sampel urine bisa di manipulasi dengan penukaran atau pengenceran.

3. Tes sample darah
Cara uji yang lain adalah menggunakan darah, yang tentunya harus dilakukan oleh tenaga lab khusus dan peralatan khusus juga.

4. Tes menggunakan sample rambut

Sementara cara uji lain yang juga di gunakan di BNN adalah menggunakan rambut, yang tentunya harus di lakukan oleh tenaga lab khusus serta perlengkapan alat yang khusus juga. Biasanya pengujian ini dilakukan untuk konfirmasi, apabila test cepat (rapid test) dengan urine mengalami keraguan hasil.

Tidak ada komentar: